Mengenal Jenis Audit Jasa pembuatan laporan keuangan

Home  >>  Tips  >>  Mengenal Jenis Audit Jasa pembuatan laporan keuangan

Mengenal Jenis Audit Jasa pembuatan laporan keuangan

On July 16, 2018, Posted by , In Tips, With Comments Off on Mengenal Jenis Audit Jasa pembuatan laporan keuangan

Jenis audit menurut cara mengecek, audit dapat dibagi menjadi empat, antara lain:

-Audit tentang Laporan keuangan

Audit ini merupakan audit yang mencakup pengumpulan dan evaluasi bukti pelaporan, di mana audit atas laporan keuangan ini dilakukan oleh audit eksternal dan biasanya atas permintaan klien. Mereka juga merupakan audit yang berasal dari luar perusahaan.

– Audit operasional

Audit operasional adalah tinjauan atas setiap bagian dari prosedur dan metode operasi organisasi untuk meninjau seberapa efisien dan efektif pekerjaan mereka. Umumnya setelah selesainya audit operasional, auditor memberikan arahan dan juga saran kepada manajemen untuk memperbaiki prosedur dan juga manajemen perusahaan.

– Ketaatan audiens

Pelaporan audit adalah audit yang bertujuan untuk mempertimbangkan apakah klien telah mengikuti prosedur atau aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak yang memiliki kewenangan lebih tinggi. Audit kepatuhan perusahaan dapat termasuk menentukan apakah akuntan telah mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan.

-Audit kinerja

Audit kinerja adalah audit yang dilakukan pada instansi pemerintah untuk menentukan ekonomi, efektivitas dan efisiensi. Audit kinerja juga memperhatikan biaya serta manfaatnya, yang artinya suatu kegiatan tidak hanya diharapkan dengan biaya rendah tetapi juga memperhatikan manfaat bagi masyarakat. Jika biayanya murah tetapi tidak bermanfaat maka aktivitas atau program dianggap tidak berkinerja baik.

Standar auditing dilakukan dengan dua cara pada umumnya:

-Audit harus dilaksanakan oleh satu ahli atau lebih yang dapat memiliki keterampilan teknis dan pelatihan yang memadai sebagai auditor dan bukan hanya seorang akuntan.

-Dalam semua hal yang berkaitan dengan obligasi, seorang auditor harus dapat menjadi profesional dan harus obyektif tanpa imparsialitas dan tanpa ada kecurigaan kerjasama.

-Dalam pelaksanaan audit dan persiapan laporannya, auditor harus menggunakan keterampilan profesional secara cermat dan seksama.

Bagaimana Cara Menghitung Jasa Akuntansi Hutang Piutang?

Comments are closed.